Home / Edukasi

Rabu, 17 Maret 2021 - 13:31 WIB

Samisaena Fema IPB University

MariketiK.com – Samisaena adalah program pengabdian masyarakat yang digagas oleh Departemen Sosial dan Pengembangan Masyarakat (Sospemas) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (BEM Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB University). Tahun ini menginjak tahun ke- 4 Samisaena mengabdi kepada masyarakat di Desa Sukawening, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Dalam implementasi programnya, Departemen Sospemas merekrut mahasiswa Fema, terdiri dari mahasiswa Gizi Masyarakat, Ilmu Keluarga dan Konsumen, serta Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

Sahabat Sospemas (panggilan mahasiswa yang tergabung dalam Samisaena) mengikuti first gathering Samisaena pada Minggu (14/3/2021) secara virtual. Kegiatan perdana ini untuk memperkenalkan program Samisaena dan meningkatkan rasa kekeluargaan antar Sahabat Sospemas.

Dalam sambutannya, Ketua BEM Fema IPB University Lu’lu’ Firdausi Haqiqi mengatakan, silabus pengabdian Samisaena tahun ini sangat baik dan konsepnya keren. “Semoga Sahabat Sospemas tidak hanya sekadar ikut, tapi dapat memaknai setiap pengabdiannya. Semangat!” ucap Lu’lu, Minggu (14/3/2021).

Baca Juga :  Forget That Facelift - "Wrap" Your Face into Shape

Sementara itu, Ketua Departemen Sospemas Khaerunnisa menerangkan, mahasiswa yang tergabung dalam program Samisaena akan mengembangkan Desa Sukawening. Pengabdiannya sekitar 7 bulan. Ia menegaskan agar niat Sahabat Sospemas dalam melaksankaan pengabdiannya benar-benar untuk mengembangkan masyarakat.

Menurut Ketua Pelaksana Samisaena 2021 Muhammad Zaidan, mahasiswa yang terpilih ke dalam program Samisaena adalah orang hebat. Apalagi di tengah kondisi saat ini yang terbatas dan penuh tantangan. Kata dia, mahasiswa sejatinya memiliki peran untuk mengembangkan masyarakat.

Baca Juga :  5 Tips for Balancing A Career and Caregiving

“Samisaena adalah kegiatan pengabdian mahasiswa Fema IPB di Desa Sukawening, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Di desa ini mahasiswa melakukan pengembangan masyarakat dan pendidikan kepada anak-anak desa,” jelas mahasiswa semester 4 ini..

Terdapat 4 tujuan dari program Samisaena. Pertama, untuk meningkatkan solidaritas mahasiswa Fema IPB dalam mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi. Kedua, mewadahi partisipasi mahasiswa IPB dalam bidang pengabdian masyarakat.

Meningkatkan peran dan fungsi mahasiswa terhadap lingkungan sekitar pun menjadi tujuan ketiga dari Samisaena ini. Tujuan terakhir atau keempat adalah adanya pendampingan dari Fema IPB kepada Desa Sukawening sebagai desa binaan dalam pengembangan masyarakat.

Zaidan berharap, melalui program ini mahasiswa Fema IPB menjadi lebih peduli dengan permasalahan sosial di sekitarnya. Dari sisi desa binaannya, mahasiswa Gizi Masyarakat IPB itu berharap masyarakat Desa Sukawening lebih berdaya dalam memanfaatkan potensi-potensi di desanya. “Sehingga mampu mendongkrak kebermanfaatan yang berkelanjutan di bidang sosial dan ekonomi,” sambungnya.

Baca Juga :  Macam - macam Layanan Internet Beserta Penjelasan Lengkapnya

Tahun ini Samisaena mengangkat tema “Pengembangan Agripreneurship Berbasis Community Based Development melalui Optimalisasi Pertanian Ubi Kayu sebagai Commodity Center di Desa Sukawening”.

Selain Agripreneurship, bentuk kegiatan lain dari program Samisaena ini adalah aktivasi perpustakaan yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat. Dalam mendukung programnya, Departemen Sospemas berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Generasi Cerdas Iklim (GCI).

Share :

Baca Juga

Edukasi

Macam – macam Layanan Internet Beserta Penjelasan Lengkapnya

Edukasi

Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP